Mengelola Keuangan pribadi

 

MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI

Stabilitas keuangan bukan ditentukan banyaknya uang yang dimiliki, tapi merupakan hasil kebiasaan keuangan yang baik yang dijalankan dari membuat catatan, mengeliminasi utang, sampai investasi masa depan. Jika anda ingin mempunyai keuangan yang stabil, berikut beberapa strategi untuk mengelola uang, tidak ada salahnya jika anda mencobanya (^_^)

1.      Pahami beda Antara Keinginan dan Kebutuhan anda

Kurangi biaya yang tak perlu. Jika anda melakukan upaya jujur pada diri sendiri untuk mencermati kebiasaan belanja anda dan mengurangi pembelanjaan besar, dalam waktu singkat anda bisa mengurangi stress dalam hidup anda yang disebabkan belanja berlebihan dan utang yang ekstra. Apakah anda benar-benar perlu TV 120 Saluran cable yang harus di bayar perbulannya atau anting emas baru yang canik yang suatu saat harganya emas tersebut jika dijual akan naik dari harga yang dibeli sebelumnya ?? jadi mau pilih yang mana ?? (^.^)

Coba strategi ini : Jangan pergi ke sale kecuali jika anda ingin mencari sesuatu yang benar-benar anda perlukan. Sale atau turun harga itu sebenarnya tidak turun harga jika anda tidak memerlukannya apa yang anda butuhkan.

2.      Ciptakan Sistem untuk membayar tagihan secara teratur

Ketidakrapian membuang waktu dan uang. Siapkan satu meja dimana anda bisa mengelola uang secara teratur. Sediakan satu in-box untuk tagihan yang harus dibayar dan satu laci untuk menyimpan semua dokumen keuangan. Sesudah itu, tetapkan satu waktu untuk mengkaji keuangan dan membayar tagihan. Bisa mingguan atau 2 mingguan sesuai waktu penerimaan tagihan anda atau jika lebih baik anda membuat rekapitulasi masuk dan keluarnya uang anda. Atau anda gunakan jasa pembayaran tagihan otomatis sehingga anda tidak beresiko didenda kerena terlambat bayar.

3.      Jangan berutang

Jika tagihan kartu kredit anda besar, coba Lunasi. Di amerika, konsumen punya utang kartu kredit rata-rata 10.000 dolar. Tidak termasuk biaya bunga sekita 1.500 dolar akibat utang tersebut. Cara ideal mengunakan kartu kredit adalah, bayar tagihan secara penuh setiap bulan. Kalau tidak anda akan sulit maju. Jika anda ingin melunasinya, coba tinggalkan kartu kredit di rumah. Dengan cara ini anda akan terhindar dari godaan untuk mengunakannya. Begitu juga bagi anda yang mempunyai uang cash, biasakan membawa uang seperlunya yang benar-benar akan anda gunakan, karena kalau tidak, anda akan mudah terpengaruh dengan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Usahakan untuk membayar tagihan bulanan anda paling sedikit 3 kali tagihan minimum sehingga anda membayar lebih dari bunga. Jika anda punya beberapa kartu, konsolidasikan utang ke dalam satu kartu tunggal, kartu dengan bunga terendah.

4.      Hindari lebih besar pasak daripada tiang

Cermati pengeluaran anda. Jangan sampai anda belanja lebih banyak dari penghasilan bulanan. Untuk itu, buat anggaran untuk menunjukan berapa banyak penghasilan anda versus berapa banyak yang anda belanjakan. Dari anggaran ini anda bisa mengetahui apa yang perlu dikurangi. Bentuk yang sederhana adalah catatan pemasukan dan pengeluaran.

5.      Berperan aktif dalam keuangan

Kaji keuangan anda. Hidup berubah dari tahun ke tahun. Karena itu penting untuk memikirkan pengaruhnya pada keuangan. Jika anda beli rumah atau punya bayi, anda perlu mengubah anggaran anda. Periksa pembayaran cicilan untuk rumah, mobil dan lain-lain. Pastikan untuk mencek investasi anda juga. Lakukan paling sedikit beberapa kali setahun. Dan itu sebenarnya sangat penting loh hehe (^.^)

6.      Bayar Diri sendiri dulu

Jadikan menabung sebagai prioritas. Bayangkan tabungan sebagai alat untuk menciptakan hidup yang anda inginkan. Jika anda memperlakukannya sebagai sesuatu yang anda kerjakan sesudah bayar tagihan, anda kemungkinan tak akan menabung dan mencapai tujuan anda.

Mulai dengan jumlah kecil. Misalnya 5% dari gaji bulanan yang dibawa pulang. Tabungan ini akan tumbuh cepat. Atau coba atur transfer otomatis ke tabungan anda pada hari gajian sehingga bisa dipastikan setiap bulan anda menabung. Jika sudah cukup banyak, simpan dengan jenis tabungan lain dengan bunga yang lebih tinggi. Deposito misalnya. Dengan cara ini, anda akan punya dana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kehilangan pekerjaan misalnya, atau untuk pengeluaran tak terduga.

7.      Menabung atau investasi untuk masa depan

Tabungan pensiun anda kemungkinan tidak cukup untuk menutupi semua biaya anda saat pensiun. Persiapkan diri untuk mencukupinya. Cari informasi di bank tentang tabungan masa pensiun. Pertimbangkan risiko, bandingkan bunga dan manfaat lainnya. Dan juga jangan lupa lindungi diri sendiri dan keluarga anda, dengan mengikuti asuransi kesehatan.

Nah… mudah-mudahan bermanfaat yach buat para reader’s (^.^)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s