Mencegah Sakit Kepala

 

Lebih dari 45 Juta orang Amerika sering menderita sakit kepala yang sebenarnya TAK PERLU. Para periset menemukan beberapa cara tak terduga untuk menghentikannya. Terdiri dari :

Tidur dengan jadwal yang tepat

                Kelebihan tidur hanya satu jam setiap Minggu dapat meningkatkan risiko sakit kepala atau migraine hanya dalam waktu 24 jam. Penyebabnya adalah, perubahan jam jaga mengubah fungsi otak, menurunkan ketahanan terhadap sakit dan membuat pembuluh darah otak berkemungkinan lebih besar kram, jelas Jacob teitelbaum, MD, dalam buku pain free 1-2-3

TIP

Terapkan kebiasaan tidur yang sehat. Misalnya matikan TV satu jam sebelum mematikan lampu dan hindari makan besar tepat sebelum tidur juga dapat mencegah sakit kepala.

Ganti Pemanis

Berikut jika anda sakit kepala tanpa sebab, coba Tanya pada diri sendiri, apakah anda telah minum sesuatu yang dibuat dengan pemanis buatan ? Zak kimia yang digunakan dalam beberapa makanan sugar free dapat memicu inflamasi di dalam pembuluh-pembuluh darah halus di dalam darah, jelas David Buchholz MD. Dalam buku heal your headache. Pemanis yang berkemungkinan paling kecil menimbulkan reaksi ini adalah sorbitol, xylitil, manitol, dan sucralose.

• Tenangkan Perasaan

Pemicu utama sakit kepala ternyata bukan stress. Menurut para periset St Louis University, pemicu yang lebih besar adalah memendam kemarahan, frustasi, dan kesedihan. Emosi yang menguras energy ini menyebabkan perubahan biokimia di dalam otak yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala selama beberapa hari sesudah mengalami kekecewaan emosional.

TIP

                Jika anda tak ingin cerita kepada teman, coba nonton TV. Para periset mayo clinic mengatakan, cara ini dapat meredakan sakit kepala pada 72% perempuan karena memicu pelepasan penawaran rasa sakit yang disebut endorphins.

Periksa gigi

Mengerikit gigi ketika tidur malam bukan hanya merusak email gigi, tapi juga menyebabkan sakit pelipis dan migraine. Untuk mengatasi, Konsultasi dengan dokter gigi anda untuk mendapatkan mouth guard yang disebut NTI Tension Supression System (NTI-TSS) yang dipasang pada dua gigi depan dan terbukti efektif pada lebih dari 82% pasien.

Uraikan Rambut

                Sebuah studi terkini di inggris menemukan, 54% perempuan yang mengikat rambut kencang dalam bentuk ekor kuda mengalami sakit kepala yang berdenyut-denyut. Melepas atau menurai rambut membuat sakit kepala reda dalam waktu 1 Jam.

TIP

                Jika masih sakit, coba pijat kulit kepala. Sebuah riset Denmark menunjukan, memijat kepala dapat mengurangi rasa sakit sampai 57% pada kebanyakan penderita sakit kepala dalam 2 menit pertama.

Bicara dengan Apoteker

Riset menunjukan, beberapa suplemen herbal antara lain ginkgo dan ginseng dapat berinteraksi secara buruk dengan obat resep, memperparah atau memicu sakit kepala. Jadi, sebelum minum suplemen herbal apa pun, Tanya pada apoteker tentang kemungkinan bereaksi dengan obat yang anda minum.

Apakah Anda Sakit Migraine ?

Anda mungkin bertanya-tanya, migraine itu seperti apa. Jika anda menjawab benar untuk 2 pernyataan berikut ini, konsultasi dengan dokter tentang obat khusus migraine.

▫ Sakit Kepala membatasi aktivitas anda selama sehari atau lebih dalam 3 bulan terakhir ini.

▫ Anda mual atau sakit perut ketika sakit kepala

▫ Cahaya membuat anda terganggu ketika anda sakit kepala.

kapan Harus hubungi dokter

Jika sakit kepala anda lebih buruk dari biasa, atau jika sakit kepala anda lebih sering atau disertai dengan ganguan penglihatan, baal, atau lemah, segera periksakan ke dokter, saran para periset di Philadelphia’s Gradute Hospital.

Perhatian bagi yang ngorok

                Sebuah laporan jurnal neurology mengatakan, perempuan yang ngorok lebih sering sakit kepala. Kurangi ngorok dengan menurunkan berat badan, mengurangi alcohol, dan tidur miring dapat mengurangi sakit kepala

Referensi

Majalah Aura Edisi 04/Th. XII/ Minggu Ke-2/ 13-19 Februari 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s