Perbedaan Antara Koperasi dan PT (Perseroan terbatas)

Bagi temen-temen yang mau tahu perbedaan antara koperasi dan PT (Perseroan terbatas), Yuk… kita bahas bareng-bareng

PT. ( Perseroan Terbatas ) adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Sedangakan Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Dilihat dari tujuannyapun sangat berbeda

Tujuan Koperasi yaitu Tidak semata-mata mencari keuntungan, akan tetapi terutama untuk memperbaiki kesejahteraan para angotanya.

Tujuan PT Yaitu Mencari keuntungan sebesar-besarnya

Jadi perbedaannya Adalah

Koperasi

      PT. (Perseroan Terbatas)
  1. Anggota adalah yang utama/ sebagai aset koperasi. Kedudukan anggota sebagai pemilik sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi. Keanggotaan melekat pada diri anggota/tidak dapat dipindah tangankan.
  2. Modal adalah sebagai alat bagi koperasi  dalam memenuhi kebutuhan anggota.
  3. Keuntungan yang diperoleh dibagi kepada anggota menutut jasa masing-masing
  4. ‘personal and participatory basis’. Besar kecilnya modal yang diberikan tidaklah berpengaruh terhadap peranan seorang anggota, tetapi faktor jasa dan keaktifan secara langsunglah yang mempengaruhi anggota tersebut untuk dapat berperan dalam koperasi, sehingga ia dapat mengambil manfaat yang besar dari keikutsertaannya di dalam koperasi.
  5. Karyawan / tenaga kerja yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu : Perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi.
  6. Pengelolaan koperasi di lakukan secara demokratis
  7. pembagian SHU ( sisa hasil usaha ) adil sebanding dengan besarnya jasa masing – masing anggauta

 

 

  1. Modal adalah primer. Jadi merupakan kumpulan modal. Orang adalah sekunder.  Jumlah modal menentukan besarnya hak suara dan keuntungan dibagi menurut besar/kecilnya modal
  2. impersonal financial basis’ yang ditujukan untuk PT. Pada badan usaha ini, hak suara atau peran seseorang akan sangat berpengaruh jika ia menanamkan saham atau modal yang besar. Artinya semakin besar saham yang ia berikan, maka semakin besar pula peranannya untuk mengatur PT tersebut. Walaupun ia tinggal di tempat yang jauh dan tidak aktif dalam kegiatan-kegiatan PT, namun ia bisa mengatur organisasi dari jauh dan tetap berhak atas sebagian besar keuntungan PT.
  3.  Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan.
  4. Mudah mencari tenaga kerja/ karyawan, tpi di sisi lain PT juga sulit untuk di bubarkan
  5.  Penghasilan keuntungan dibagikan kepada pemilik modal dalam bentuk dividen, Serta pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden

 

 

Nah Temen-temen sudah kesimpulannya kan ?? ^^

Jadi koperasi dan PT itu sangat jauh berbeda, dari mulai tujuannya, stuktur organisasinya, modalnya, dan karywan atau keanggotaannya. mudah-mudahan ini sangat berguna untuk teman-teman semua, jadi jangan sungkan untuk kasih komentarnya yach.. ^^

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s